9/16/2008

bagaimana me-refresh idea kita?


wualah,,,, susahnya mencari suatu ide,, ketika dead line tiba. memang otak kita harus sering-sering di refresh seperti komputer kali ya,, biar segala idea keluar.

karena suatu idea tidak akan muncul kalo dipaksa nongol,, ada beberapa trik berdasarkan pengalaman yang pernah saya coba untuk me-refresh idea kita,..

mungkin me-refresh idea ini tidak hanya berlaku di bidang seni dan desain, bisa juga di bidang lain yang membutuhkan ide-ide kreatif, seperti penulis, pembuat kue, dll.
biasanya saya kalo mati ide ditempat kerja dan tidak bisa pergi jauh dari tempat kerja akan melakukan hal-hal berikut:

  1. keluar dari ruangan tempat kita bekerja, hirup udara segar, cari pemandangan (apa aja lah).
  2. Makanlah sesuatu bagi yang doyan ngemil, ngeroko dan ngopi bagi peroko, baca bagi yang suka baca, maen game bagi yang seneng game, intinya lakukan kebiasan dan hobi anda selama..yah 30 menitan lah.. (jangan kelamaan ,,ntar malah, ga kelar kerjaanya).
  3. Kemudian cuci muka dan sebagian rambut,,Selanjutnya ganggu temen2 kerja kita yang lain ajak ngobrol dan bercanda,, atau bisa juga telpon-telpon atau ceting juga boleh... (tapi jangan ngomongin kerjaaan)
  4. Nah abis ngobrol pasti fikiran seger lagi nih biasanya, apalagi kalo banyak ketawa, langsung aja deh browsing literature projek apa yang sedang kita kerjakan..Ketika browsing jadi terlalu serius membaca artikel atau gambar yang bermunculah,, santei aja.
  5. Selesai browsing,, luangkan waktu sejenak untuk bengong dan kosongkan fikiran,, atau ngelamun juga boleh..
  6. Nah abis itu,, tring!,,, dijamin deh , minimal ada sedikit clue ide yang muncul..heheh

semoga bermanfaat...

7 comments:

  1. kalo sayah cukup ngelirik sebelah meja, ada cewek maniz disana..
    fresh deh pikiran
    hehe

    ReplyDelete
  2. Kalo tidur sebentar boleh ga?
    2 jam aja :P
    pasti langsung fresh deh..

    ReplyDelete
  3. kalo..lagi ada ide dan nggak cepat-cepat dituangkan ke tulisan wah bisa lupa tuh ide..tapi gw bisa fresh lagi kalo tidur dulu..hehehe

    ReplyDelete
  4. kalo aku sih punya teori tersendiri lho.biasanya nih, mendekati deadline dah gak ada kendala.soalnya,aku berusaha mendisiplinkan diri. artinya gak tergantung dari mood or sejenisnya.

    ReplyDelete
  5. hallo lanosta .... lam kenal ...
    Kalo mau me refresh dgn caranya lanosta satu2x .... wah gawat dunk .... bisa2x kena PHK hehe3x... apalagi yang ke 9 plus tidur siang dulu selama 2 jam ... :mrgreen:
    Thanks dah mampir di tempat ku

    ReplyDelete
  6. @pingky
    wekekekekkk,,,,bisa dipecat ya,,??hihi

    ReplyDelete